RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 6 (enam) / 2 (dua)
Alokasi Waktu : 8 X 35 menit ( 4
X Pertemuan )
I. Standar
Kompetensi :
5.
Menggunakan rumus dan fungsi pada program pengolah angka
II. Kompetensi Dasar :
5.1 Mengenal rumus fungsi =IF tunggal dan majemuk
III. Tujuan
Pembelajaran** :
Siswa mendemonstrasikan penggunaan fungsi =IF
tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh soal serta mengetahui perbedaan
kedua fungsi tersebut.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Fungsi
=IF
V.
Metode Pembelajaran :
tanya
jawab, demonstrasi, praktek
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
§
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai
pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa menyimak materi dan mencatat hal-hal penting
yang dijelaskan.
F
Siswa menyebutkan rumus umum fungsi =IF tunggal
dan =IF majemuk
F
Siswa menyebutkan perbedaan fungsi =IF tunggal dan
majemuk
F
Latihan menulis
rumus fungsi =IF majemuk dalam beberapa contoh soal
F Siswa
menuliskan PR tentang penulisan fungsi =IF tunggal dan majemuk
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Memberikan Pretest secara lisan
F
Merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan
mengucapkan salam
§
Kegiatan Awal
Berdo’a
sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membahas pekerjaan rumah tentang penulisan fungsi
=IF tunggal dan majemuk
F
Latihan menuliskan rumus fungsi gabungan =IF
tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh kasus soal.
F
Pretest menyelesaikan penulisan rumus
gabungan =IF tunggal dan majemuk
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan
mengucapkan salam
§
Kegiatan Awal
Berdo’a
sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Demonstrasi praktek penyelesaian fungsi =IF
tunggal dan majemuk
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mempraktekan Latihan
soal fungsi =IF tunggal dan =IF majemuk
dalam beberapa contoh kasus soal.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
F
Merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan
mengucapkan salam
§
Kegiatan Awal
Berdo’a
sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Demonstrasi
praktek penyelesaian fungsi gabungan =IF
tunggal dan majemuk
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mempraktekan
Latihan soal fungsi gabungan =IF tunggal
dan =IF majemuk dalam beberapa contoh kasus soal.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir,
guru:
Merapikan kursi dan perangkat komputer
Berdo’a dan mengucapkan salam
VII.
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Setiabudi, Microsoft Excel Level 2,
: Pusat Komputer Assalaam, 2010.
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
: Membedakan fungsi =IF tunggal dan majemuk.
: Menuliskan bentuk rumus fungsi =IF majemuk disertai contoh
soalnya.
: Menyelesaikan latihan
soal fungsi gabungan =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh soal.
: Mendemonstrasikan
penyelesaian soal praktek rumus fungsi =IF tungal dan =IF majemuk.
: Menyelesaikan latihan
soal praktek mengguna-kan fungsi i=IF tunggal dan =IF majemuk.
|
Lisan
/ Tulisan
|
Isian
Uraian singkat
|
: Diketahui : L4 =
Berat badan M4 = Tiket
Ketentuan :
Jika berat badan >=50 Kg, maka Tiket 20000
Jika berat badan <50 Kg, maka tiket 15000
: Diketahui : P4 =
Tujuan Q4 = Harga tiket
Ketentuan :
Jika tujuan “
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20
...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
TIK.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar