RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
MIWS Karangdowo 01
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Arab
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/(satu)
|
Materi Pokok
|
:
|
Istima' tentang
الساعة، الأفعال
اليومية dengan
menggunakan 20 mufradat baru
|
Pertemuan
|
:
|
1 dan 2 (3 x
35)
|
Metode pembelajaran
|
:
|
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan
lain-lain.
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang kegiatan
sehari-hari.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah
dan ujaran ( kata, kalimat )
tentang الساعة، الأفعال
اليومية
1.2 Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang الساعة، الأفعال اليومية
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
§ Siswa dapat
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran ( kata, kalimat )
tentang الساعة، الأفعال
اليومية
§ Siswa menjelaskan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang الساعة، الأفعال اليومية
|
Alokasi waktu
|
:
|
2 x 35
|
& Karakter siswa yang diharapkan :
§
Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas
dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal/Orientasi
F Guru menyapa dan memperkenalkan
diri pada siswa
F Guru bertanya
kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal Nama
Sekolah, dll)
F Guru
menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang
akan dilaksanakan berkenaan dengan الساعة، الأفعال اليومية
b. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Siswa menjelaskan
makna ISTIMA’ kosakata
baru seperti :
أذهب – تذهب – تذهب – تذهبين
– يذهب – تذهب – نذهب - أقرأ – تقرأ –
تقرئين – يقرأ – تقرأ – نقرأ
F
Siswa Mendengarkan wacana lisan dengan berbagai media
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menirukan pelafalan kosakata baru yang didengar bersama-sama
F Tanya jawab tentang materi dengan menunjukkan gambar
F Melihat kamus, mengartikan kata sulit dan kalimat yang didengar
F Mendengarkan wacana tentang jam dengan berbagai media
F Berdiskusi untuk
merangkum isi pokok/ hal yang penting dari teks yang didengar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
c. Kegiatan Akhir
F Siswa menjawab
pertanayaan guru tentang :
F Makna kata, frase,
kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
F Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan
maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
F Kandungan materi dan
gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
F Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks
lisan yang disimaknya.
Alat/Bahan/Sumber
:
·
Buku paket, perangkat pembelajaran طا رق , linguaphone, kamus,
majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.
Penilaian :
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
v
Religius.
v
Jujur.
v
Toleransi.
v
Disiplin.
v
Kerja keras
v
Kreatif
v
Demokratif
v
Rasa Ingin
tahu
v
Gemar membaca
v
Peduli
lingkungan:
v
Peduli social
v
Tanggung
jawab.
|
·
Membedakan perubahan bentuk Fi’il Mudhari’
·
Menyebutkan kosakata baru yang didengar
·
Mencocokkan gambar dengan ujaran sesuai kontek
Menerjemahkan kalimat- kalimat yang didengar
·
Menentukan tema konteks yang didengar
·
Mencatat isi pokok/ hal penting dari teks yang
didengar s
|
Lisan
Lisan
|
Uraian
Uraian
|
اذهب
إلى المدرسة
في
الساعة السابعة
أرجع من المدرسة في الساعة الواحدة
ماذا تريد؟ ماذا تعمل؟
|
LEMBAR
PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MELAFALKAN
HURUF HIJAIYAH.
Tanggal
: …………………
No
|
Nama
siswa
|
ASPEK
YANG DIAMATI
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Benar
|
Urut
|
Partisipasi
|
Semangat
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian
Proses
|
|
A. BENAR
Skor
3 :
Hafal semua
Skor 2 : Sebagian besar Hafal
Skor 1 : Sebagian kecil Hafal
B. URUT
Skor 2 : Semua urut
Skor 1 : Tidak urut
|
C. PARTISIPASI
Skor 3 : Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi
teman
Skor 1 : Ikut mengerjakan bila diminta teman
D. SEMANGAT
Skor 3 : Jika antusias tinggi untuk melaksanakan
tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2 : Jika antusias cukup tinggi untuk
menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1 : Jika mengerjakan tugas kelompok bila
ditegur teman
|
Mengetahui
Kepala MIWS Karangdowo 01
Imam Syamsudin
|
|
Karangdowo,
Guru Mapel Bahasa Arab
Hany Fitriani,A.Ma.Pd.
NIP. 19760922 200701 2 020
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar