RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
MIWS Karangdowo 01
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Arab
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/(dua) 2
|
Materi Pokok
|
:
|
Qira’ah tentang
الواجب المنزلي، الرحلة dengan menggunakan 20
mufradat baru
|
Pertemuan
|
:
|
5 dan 6 (2 x
35)
|
Metode pembelajaran
|
:
|
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
|
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk
paparan atau dialog tentang kegiatan
yang telah dilakukan
|
Kompetensi dasar
|
:
|
7.1 Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana
tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
7.2 Menemukan makna, gagasan atau ide wacana
tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
§ Siswa
dapat Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana
tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
§ Siswa
dapat Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
Alokasi waktu
|
:
|
2 x 35
|
& Karakter siswa yang diharapkan :
§
Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas
dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal/Orientasi
F
Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada
siswa
F
Guru bertanya
kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal Nama
Sekolah, dll)
F
Guru
menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang
akan dilaksanakan berkenaan dengan
الواجب المنزلي، الرحلة
b. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Siswa menyimak QIRO’AH seperti:
ذلك عبد الله
هو يستيظ من
النوم في الساعة الرابعة صباحا
يذهب إلى المسجد
يصلي الصبح جماعة
ويذكر الدروس بعد الصلاة في الساعة التاسعة هو يدرس في المدر
F
Siswa Membaca teks bacaan dalam hati, menentukan
kosakata baru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Drill pelafalan
kosakata baru, kosakata bantu dan
ungkapan
F
Membuka kamus, menerjemahkan teks bacaan dalam
Bahasa Indonesia
F
Bermain tebak kata/aksara bermakna
F
Bermain tebak kata/aksara bermakna
F
Mengungkapkan isi materi dalam bentuk tulisan
F
Mengungkapkan kembali isi bacaan secara tertulis
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
F
Siswa menjawab
pertanayaan guru tentang :
F
Makna kata,
frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
F Ragam فعل ماض + فاعل + مفعول به dan
maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
F
Kandungan materi dan
gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
F
Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks
lisan yang disimaknya.
Alat/Bahan/Sumber
:
·
Buku paket, perangkat pembelajaran طا رق , linguaphone, kamus,
majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.
Penilaian :
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
v
Religius.
v
Jujur.
v
Toleransi.
v
Disiplin.
v
Kerja keras
v
Kreatif
v
Demokratif
v
Rasa Ingin
tahu
v
Gemar membaca
v
Peduli
lingkungan:
v
Peduli social
v
Tanggung
jawab.
|
·
Mengucapkan kata, kalimat sesuai tanda baca
dengan fashih
·
Menerjemahkan kata, kalimat-kalimat ke dalam
Bahasa Indonesia
·
Menentukan kosakata baru dengan menggaris bawahi
teks bacaan
·
Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan
·
Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·
Menentukan informasi secara global tentang
bentuk teks/ isi teks
|
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
Dialog
Dialog
Uraian
|
عملت الواجب
المَنْزِلِيّ
بعد العشاء
دخلت إلى غرفة المذاكرة جلست وقرأت الكتاب ثم كتبت الدرس على الكراسة
ونظرت التلفاز
قبل النوم
+ متى عملت؟
|
Mengetahui
Kepala MIWS Karangdowo 01
Imam Syamsudin
|
|
Karangdowo,
Guru Mapel Bahasa Arab
Hany Fitriani,A.Ma.Pd.SD.
NIP. 19760922 200701 2 020
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar