RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit.
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai
juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu
mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
§ Siswa mampu
menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
§ Siswa mampu
menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§ Siswa mampu
menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§ Siswa mampu
menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Indonesia dijajah oleh
bangsa asing.
§ Kebangkitan Nasional.
§ Sumpah Pemuda.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan
kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi
dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Mengajak siswa
bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
F Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
F Bertanya jawab
mengenai suasana pada masa penjajahan.
F Bertanya jawab
mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
F Guru menunjukkan
foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
F Guru menjelaskan
mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
F Guru bertanya mengapa
perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
F Bersama pasangan,
siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
F Membaca secara
bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi mengenai
mengapa timbul kesadaran berbangsa.
F Guru menjelaskan
asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
F Guru bertanya
mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
F Melanjutkan membaca
teks mengenai Sumpah Pemuda.
F Menjelaskan kepada
siswa mengapa timbul Sumpah Pemuda.
F Bersama-sama
mengucapkan sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
F Guru menugaskan siswa
untuk menjelaskan isi dan maksud Sumpah Pemuda.
F Untuk pengayaan dan
untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan
soal-soal yang ada di dalam
buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru
membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto para
pahlawan.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber
umum)
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para
pahlawan
§ Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan
Nasional.
§ Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan isi Pancasila
§ Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulis
§ Penilaian sikap
|
§ Menceritakan mengapa Indonesia dapat
dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan nilai yang terkandung pada
Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang
ini.
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar