Senin, 11 Desember 2017

Rpp Matematika Kelas 6 Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   MIWS KARANGDOWO 01
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1- 3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan operasi hitung pecahan dalam   pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Mengenal berbagai bentuk pecahan
§  Menyederhanakan pecahan
§  Mengurutkan pecahan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan awal
-       Apresepsi/ Motivasi
-       Mengingatkan kembali tentang macam-macam  pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari. Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika “ GEMAR BERHITUNG” untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Buku Detik – detik UAS BN  untuk Kelas VI  6
§  Buku LKS Multi Bidang untuk SD Kelas 6
§  Kertas berlipat

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengenal berbagai bentuk pecahan
o  Menyederhanakan pecahan
o  Mengurutkan pecahan

Tugas Individu
dan Kelompok

Isian

o 
o  0,8 -
o  125 x 7
o  dst.

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika




          IMAM  SYAMSUDDIN                                    HANY FITRIANI,A.Ma.Pd.SD.
NIP :                                                                     NIP :197609222007012020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi