Senin, 11 Desember 2017

Rpp Bahasa Arab Kelas 6 Semester II "Tema 4"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
MIWS Karangdowo 01
Mata Pelajaran
:
Bahasa Arab
Kelas/Semester
:
VI/(dua) 2
Materi Pokok
:
Kitabah tentang
الواجب المنزلي، الرحلة dengan menggunakan 20 mufradat baru
Pertemuan   
:
7 dan 8 (2 x 35)
Metode pembelajaran
:
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
Standar Kompetensi
:
8. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang  kegiatan yang telah dilakukan
Kompetensi dasar    
:
8.1  Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
فعل ماض + فاعل + مفعول به
Tujuan Pembelajaran
:
§  Siswa dapat Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
       الواجب المنزلي، الرحلة

Alokasi waktu
:
 2 x 35

& Karakter siswa yang diharapkan  : 
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan,  Berorientasi ke masa depan

Langkah-langkah Pembelajaran     :
a.  Kegiatan Awal/Orientasi
F Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
F Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal Nama Sekolah, dll)
F Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan                                       الواجب المنزلي، الرحلة

b.  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa Memperhatikan cara, meniru pe-nulisan kata, kalimat sesuai dengan contoh (khot)
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Bermain lacak kata, menyusun sehingga menjadi kalimat sempurna
F Tes/ latihan melengkapi kalimat yang belum sempurna
F Menyusun kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragrap tentang kegiatan sehari-hari
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.  Kegiatan Akhir
F Siswa menjawab pertanayaan guru tentang :
F Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
F Ragam فعل ماض + فاعل + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
F Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
F Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.

Alat/Bahan/Sumber :
·         Buku paket, perangkat pembelajaran  طا رق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.



Penilaian :
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
v  Religius.
v  Jujur.
v  Toleransi.
v  Disiplin.
v  Kerja keras
v  Kreatif
v  Demokratif
v  Rasa Ingin tahu
v  Gemar membaca
v  Peduli lingkungan:
v  Peduli social
v  Tanggung jawab.

·         Menyalin kata, kalimat sesuai dengan contoh (khot)
·         Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
·         Melengkapi kalimat yang belum sempurna
·         Membuat karangan sederhana tentang  الأفعال اليومية  dengan kosakata yang sudah ditentukan

Lisan



Lisan



Uraian



Uraian
القرآن وقرأته كل يوم
تعلمت
بالأمس، فارس إلى سمارنج
الفيل – في – على – نظر- الحيوان - جنينة
Insya’ Muwajjah dengan pola kalimat fi’il mudhari’dan fi’il amar


                                   

Mengetahui
Kepala MIWS Karangdowo 01



Imam Syamsudin

Karangdowo,
Guru Mapel Bahasa Arab



Hany Fitriani,A.Ma.Pd.SD.
NIP. 19760922 200701 2 020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi