RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MIS MENJANGAN
Mata
Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : VI / 2
Alokasi
Waktu : 2x40 menit (1 Kali
pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
7. Menghindari
akhlak tercela
B. Komepetensi
Dasar
7.1
Membiasakan diri untuk menghindari sifat
marah, fasik dan murtad dalam kehidupan sehari-hari melalui
C. Tujuan
Pembelajaran * :
§ Siswa dapat
menjelaskan pengertian marah, fasik dan murtad
§ Siswa dapat membaca dan
membahas dalil tentang sifat marah, fasik dan murtad
§ Siswa dapat
menyebutkan beberapa contoh sifat marah, fasik dan murtad
§ Siswa dapat menyebutkan cara-cara menghindari sifat
marah, fasik dan murtad
& Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
D. Materi
Pembelajaran
§ Arti marah, fasik dan murtad
§ Dalil tentang marah, fasik dan
murtad
§ Hikmah menghindari sifat marah,
fasik dan murtad
E. Metode
Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Tanya jawab tentang akhlak tercela yang siswa ketahui
§ Diskusi
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi
:
Memberikan pertanyaan seputar akhlak tercela
Motivasi
:
Memberikan informasi tentang akhlak tercela
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti :
§
Siswa
membaca literatur tentang akhlak
tercela (fase eksplorasi)
§
Bertanya
jawab tentang akhlak terpuji
(fase eksplorasi)
§
Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan akhlak tercela (fase elaborasi)
§
Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§
Siswa dan
guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan
akhir :
§
Tanya
jawab tentang akhlak tercela
§
Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
G. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
- Buku paket
- Al Qur’an tarjamah
H. Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
v Religius.
v Jujur.
v Toleransi.
v Disiplin.
v Kerja keras
v Kreatif
v Demokratif
v Rasa Ingin tahu
v Gemar membaca
v Peduli lingkungan:
v Peduli social
v Tanggung jawab.
|
§
Menjelaskan
pengertian marah, fasik dan murtad
§
Menunjukkan
dalil tentang sifat marah, fasik dan murtad
§
Menunjukkan
contoh sifat-sifat orang yang marah, fasik dan murtad
§
Menjelaskan
cara-cara menghindari sifat marah, fasik dan murtad
§
Menunjukkan
manfaat menghindari sifat marah, fasik dan murtad
|
Tes
tulis
Tes
lisan
Non
tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§
Apa
pengertian marah, fasik dan murtad?
§
Sebutkan
cara-cara menghindari sifat marah, fasik dan murtad!
|
LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGHAFAL MENYEBUTKAN
BEBERAPA CONTOH SIFAT MARAH, FASIK DAN MURTAD
Tanggal : …………………
No
|
Nama siswa
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Benar
|
Urut
|
Partisipasi
|
Semangat
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek dan
Kriteria Penilaian Proses
|
|
A. BENAR
Skor 3 : Menyebutkan semua
Skor 2 :
Sebagian besar Menyebutkan
Skor 1 :
Sebagian kecil Menyebutkan
B. URUT
Skor 2 :
Semua urut
Skor 1 :
Tidak urut
|
C. PARTISIPASI
Skor 3 :
Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 :
Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 :
Ikut mengerjakan bila diminta teman
D.
SEMANGAT
Skor 3 :
Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering
memotivasi teman.
Skor 2 :
Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan
terkadang memotivasi teman
Skor 1 :
Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman
|
Mengetahui
Kepala MIS
MENJANGAN
CIPTO LEKSONO, S.Pd I
|
|
Menjangan,
Guru
Mapel Aqidah Akhlaq
MOFIT BANI ADAM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar