RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P
)
Identitas Mata
Pelajaran :
|
||
Nama Sekolah
|
:
|
MI WS
KARANGDOWO 01
|
Kelas / Semester
|
:
|
VI / 2
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
7 kali
|
Standar Kompetensi
|
:
|
4. Mengenal
sejarah khalifah Ali bin Abi Tholib
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan
perjuangan kholifah Ali bin Abi Tholib
4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kekholifahan Ali bin Abi Tholib
4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekholifahan Ali bin Abi Tholib
|
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa
dapat mengenal sejarah Kholifah Ali bin Abi Thalib.
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa
Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan,
Peduli sosial, Tanggung jawab
|
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
|
:
|
Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil
resiko, Percaya diri, Keorisinilan,
Berorientasi ke masa depan
|
Materi ajar
|
:
|
¨
Silsilah Ali bin Abi Tholib
¨
Kepribadian Ali bin Abi Tholib
¨
Perjuangan Ali bin Abi Tholib dalam dakwah Islam
¨
Kejeniusan Ali bin Abu Tholib sebagai ‘Pintu gerbang
ilmu pengetahuan’
¨
Kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan
kembali kesatuan umat Islam
¨
Kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam
pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab
¨
Sifat ketekunan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam menuntut ilmu
|
Alokasi waktu
|
:
|
14 x35
menit
|
Matode
Pembelajaran
|
:
|
1.
Metode ceramah
2.
Metode diskusi
3.
Metode tanya jawab
4.
Metode drill
|
Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan
ke - 1
- Pendahuluan
(10 menit)
o Guru
memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan
kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o Siswa
menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o
Secara bersama
membaca materi dan sub materi .
o
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
o
Guru
memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
- Kegiatan
inti (50 menit)
1).
Eksplorasi
o
Untuk
mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan
materi ?, dan lain sebagainya.
o
Dengan
bimbingan guru, siswa secara berkelompok
mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o
Dengan
penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal
dari buku paket.
o
Siswa
membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
o
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya
strategi dalam berdakwah.
2). Elaborasi
o Siswa
membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru
menugaskan seorang siswa untuk
mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o Guru
mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra
Islam.
o Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o Membahas
pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang
berkaitan dengan materi.
o Guru dan
siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3) Konfirmasi
o Guru
memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu
mencapai tujuan pembelajaran.
o Dengan
Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman
belajar yang telah dilakukan.
o Guru
memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi
untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o Guru
memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
- Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o
Guru
menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o Guru
menginformasikan bahwa pertemuan
berikutnya akan belajar tentang materi.
o Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan
salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Sumber
Belajar
1. Buku
Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
v Religius.
Jujur.
Toleransi.
v Disiplin.
Kerja keras
v Kreatif
Demokratif
v Rasa Ingin tahu
v Gemar membaca
v Peduli
lingkungan:
v Peduli social
v Tanggung jawab
|
·
Menyebutkan asal suku/ klan/ bani Ali bin Abu Tholib
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu Ali bin Abu Tholib
·
Menentukan
pertemuan nasab Ali
bin Abu Tholib dengan Nabi Muhammad
·
Menyebutkan karakter sifat Ali bin Abu Tholib
·
Menjelaskan beberapa keahlian/ kelebihan-kelebihan Ali bin
Abu Tholib yang menonjol
·
Menceritakan Ali bin Abu Tholib menerima Islam
·
Menceritakan kegigihan Ali bin Abu Tholib dalam berdakwah
sejak kecil
·
Menceriterakan keikutsertaan Ali bin Abu Tholib dalam
menghadapai kaum kafir
·
Menceritakan ketekunan Ali bin Abu Tholib dalam menuntut
ilmu pengetahuan
·
Menjelaskan kejeniusan Ali bin Abu Tholib sebagi gerbang
ilmu pengetahuan
·
Menjelaskan latar belakang khalifah Ali bin Abu Tholib
untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
·
Menunjukkan contoh-contoh langkah kebijakan khalifah Ali
bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat Islam
·
Menjelaskan kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib dalam
pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab
·
Menyebutkan
para sahabat yang menekuni di bidang ilmu bahasa Arab
·
Memilih
sikap ketekunan menuntut ilmu dalam
kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan
sikap/ perilaku tekun dalam menuntut ilmu
|
Tes tulis
produk
Tes Tulis
Tes Tulis
Tes tulis
Performan-ce
Tes tulis
Performance
Tes tulis
Performance
Performan-ce
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
Uraian
|
·
Ceritakanlah
ketekunan Ali bin Abu Tholib dalam menuntut ilmu pengetahuan.........?
·
Jelaskanlah
kejeniusan Ali bin Abu Tholib
sebagi gerbang ilmu pengetahuan.............?
·
Jelaskan
latar belakang khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan
umat Islam.......!
·
Tunjukkanlah
contoh-contoh langkah
kebijakan khalifah Ali bin Abu Tholib untuk menyatukan kembali kesatuan umat
Islam......?
·
Jelaskan
kebijakan khalifah Ali bin
Abu Tholib dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang bahasa Arab.........?
|
TES PENGAMATAN
Penilaian proses dilakukan oleh guru
pada saat siswa melakukan diskusi
No
|
N
A M A
|
Keaktifan
|
Ketepatan
|
Kerjasama
|
skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1. Sangat baik 2. Baik 3. Cukup 4. Kurang
Mengetahui
Kepala
Madrasah
IMAM SYAMSUDIN
NIP/NIK.
|
|
Karangdowo, .................20.....
Guru
bidang studi SKI
LAILA SYARIFAH,S.Pd.I
NIP/NIK.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar