RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 2. Memberikan informasi
dan tanggapan secara lisan
Waktu :
2 X 35 menit
BERBICARA
A.
Kompetensi Dasar
2.1 Menyam-paikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang
runtut,baik dan benar
B.
Tujuan Pembelajaran**
§
Siswa dapat memahami berbagai jenis iklan
§
Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
§
Siswa dapat mencari iklan di surat kabar kemudian
menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Teks Iklan
D.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan
dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang iklan yang pernah dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami aneka
jenis iklan
F
Menyampaikan isi iklan secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya jawab,diskusi,penugasan
F
Menyusun iklan
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Siswa dapat
memahami berbagai
jenis iklan
·
Siswa dapat
menyampaikan isi iklan secara lisan
·
Siswa dapat
mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Carilah iklan di surat kabar kemudian menyampaikan
isinya!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar