RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MIWS. Karangdowo 01
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok : Ciri-ciri
khusus makhluk hidup
Waktu :
4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode :
Ceramah
A.
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri
makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
dan lingkungan hidupnya
C.
Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta
konsep tentang makhluk hidup
o
Siswa dapat Mempelajari
ciri khusus :
-
Alat pendeteksi benda pada
kelelawar (ekolokasi)
-
Kaki lengket pada cecak dan
tokek.
-
Lidah yang panjang dan
lengket pada bunglon dan landak semut
-
Punuk pada unta.
-
Mata dan pendengaran yang
tajam pada burung hantu.
-
Semburan air ikan pemanah.
-
Mempelajari Bentuk
sederhana bunga karang (koral).
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
E.
Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan
Kelas VI
o Buku atau majalah
F.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi
yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
F Mempelajari
alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-
Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-
bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-
selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut
dari bunyi yang kembali padanya
F Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-
Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti
rambut yang lengket
F Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
3.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan
- Kelelawar mencari
makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
- Cecak dan
tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
- Bunglon dan
landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
|
(5 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o Tugas PR
|
|
Pertemuan ke-2
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Mempelajari Punuk pada unta.
-
Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-
Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-
Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
F Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-
Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki
leher yang lentur
-
Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
F Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-
Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
F Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-
Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
F Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang
halus tempat masuknya air
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(50 menit)
|
o Memberikan
kesimpulan :
- Unta
memiliki punuk untuk menyimpan lemak
- Burung hantu
menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
- Ikan pemanah
menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
o Bunga karang
enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa
|
(5 menit)
|
o Tugas
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mencari
contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan
cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
o Sebutkanlah
contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
o Jelaskanlah
cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
IMAM SYAMSUDDIN HANY FITRIANI,A.Ma.Pd.SD.
NIP : NIP
: 197609222007012020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar