RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MIS
MENJANGAN
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VI / 1
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Mengenal ketentuan mandi wajib
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan mandi wajib setelah
haid
C. Tujuan Pembelajaran :
§
Siswa dapat
menjelaskan hal-hal yang menyebabkan harus mandi wajib
§
Siswa dapat
menjelaskan tentang rukun mandi wajib dan sunnah-sunnah mandi wajib
§
Siswa dapat
menjelaskan tentang perbedaan mandi wajib dengan mandi biasa
& Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
D. Materi Pembelajaran
§
Mandi wajib
setelah haid
E. Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan
salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi,
mengajukan pertanyaan tentang mandi wajib
§
Motivasi,
membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi
tentang mandi wajib.
§
Meminta
siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi:
Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang mandi wajib.
§
Elaborasi:
Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang mandi
wajib
§
Konfirmasi:
Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang mandi wajib
§
Elaborasi:
Guru melakukan tanya jawab tentang mandi wajib.
§
Elaborasi:
Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema
mandi wajib
§
Elaborasi:
Meminta siswa untuk membaca dalil tentang mandi wajib.
- Kegiatan Penutup
§
Guru
memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang mandi
wajib
§
Melontarkan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi mandi wajib
§
Siswa
menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing
G. Alat/Sumber Belajar
§
Kamus, ensiklopedi
islam, buku/kitab Fikih, tabloid / bulletin
H. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
v Religius.
v Jujur.
v Toleransi.
v Disiplin.
v Kerja keras
v Kreatif
v Demokratif
v Rasa Ingin tahu
v Gemar membaca
v Peduli lingkungan:
v Peduli social
v Tanggung jawab
|
§ Menyebutkan pengertian mandi wajib
§ Menyebutkan sebab mandi wajib
§ Menyebutkan rukun mandi wajib
§ Menyebutkan sunnah mandi wajib
§
Membedakan
antara mandi wajib dengan mandi biasa
|
Tes
Tulis
Tes
lisan
|
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian mandi wajib!
§ Sebutkan sebab mandi wajib!
§ Sebutkan rukun mandi wajib dan sunnah mandi wajib!
§ Apa perbedaan antara mandi wajib dengan mandi biasa?
|
LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGHAFAL DALIL TENTANG MANDI WAJIB.
Tanggal : …………………
No
|
Nama siswa
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Benar
|
Urut
|
Partisipasi
|
Semangat
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek dan
Kriteria Penilaian Proses
|
|
A. BENAR
Skor 3 : Hafal semua
Skor 2 :
Sebagian besar Hafal
Skor 1 :
Sebagian kecil Hafal
B. URUT
Skor 2 :
Semua urut
Skor 1 :
Tidak urut
|
C. PARTISIPASI
Skor 3 :
Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 :
Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 :
Ikut mengerjakan bila diminta teman
D.
SEMANGAT
Skor 3 :
Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering
memotivasi teman.
Skor 2 :
Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan
terkadang memotivasi teman
Skor 1 :
Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman
|
Mengetahui
Kepala MIS MENJANGAN
CIPTO
LEKSONO, S.Pd I
|
|
Menjangan,
Guru bidang studi Fiqih
MOFIT BANI
ADAM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar