Senin, 11 Desember 2017

Rpp Bahasa Arab Kelas 6 Semester I " Kegiatan Sehari-hari 2"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
MIWS Karangdowo 01
Mata Pelajaran
:
Bahasa Arab
Kelas/Semester
:
VI/(satu)
Materi Pokok
:
Kalam tentang
الساعة، الأفعال اليومية dengan menggunakan 20 mufradat baru
Pertemuan   
:
3 dan 4 (3 x 35)
Metode pembelajaran
:
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
Standar Kompetensi
:
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan sehari-hari.
Kompetensi dasar    
:
2.1        Melakukan dialog sederhana tentang            الساعة، الأفعال اليومية
2.2       Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
            الساعة، الأفعال اليومية
Tujuan Pembelajaran
:
§  Siswa dapat Melakukan dialog sederhana tentang        الساعة، الأفعال اليومية
§  Siswa menjelaskan makna informasi secara lisan dalam        kalimat sederhana  tentang
            الساعة، الأفعال اليومية

Alokasi waktu
:
 2 x 35

& Karakter siswa yang diharapkan  : 
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan,  Berorientasi ke masa depan



Langkah-langkah Pembelajaran     :
a.  Kegiatan Awal/Orientasi
F Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
F Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal Nama Sekolah, dll)
F Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan                                       الساعة، الأفعال اليومية

b.  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa berbicara hiwar/teks lisan
tentang الساعة، الأفعال اليومية yang disampaikan guru melalui kaset, VCD/DVD, atau suara guru langsung.
F Siswa mendemonstrasikan الساعة، الأفعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
F Siswa mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
F Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Menirukan pelafalan kata, kalimat sesuai dengan teks percakapan melalui guru/media
F Melihat kamus, mengartikan kata sulit dan kalimat yang ada pada teks percakapan
F Tanya jawab tentang materi percakapan
F Mendemonstrasikan percakapan dengan kelompoknya
F Berdiskusi untuk menentukan pokok isi percakapan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.  Kegiatan Akhir
F Siswa menjawab pertanayaan guru tentang :
F Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
F Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
F Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
F Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.

Alat/Bahan/Sumber :
·         Buku paket, perangkat pembelajaran  طا رق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.

Penilaian :
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
v  Religius.
v  Jujur.
v  Toleransi.
v  Disiplin.
v  Kerja keras
v  Kreatif
v  Demokratif
v  Rasa Ingin tahu
v  Gemar membaca
v  Peduli lingkungan:
v  Peduli social
v  Tanggung jawab.

·         Melafalkan kata, kalimat dengan intonasi yang tepat
·         Menerjemahkan teks percakapan dalam Bahasa Indonesia
·         Mengajukan pertanyaan dengan lafal dan intonasi yang tepat Memberikan jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat
·         Melakukan percakapan sederhana dengan intonasi yang tepat
·         Menentukan pokok isi percakapan
Lisan








Lisan



Uraian








Uraian
س  : كم الساعة الآن
ج : الآن الساعة الثانية عشرة تماما
س  : كم الساعة نرجع من المدرسة؟
ج : نرجع من المدرسة في الساعة الواحدة
س  : متى تلعب مع أصحابك؟
ج: ألعب مع أصحابي في الساعة الرابعة مساء
                                   





Mengetahui
Kepala MIWS Karangdowo 01



Imam Syamsudin

Karangdowo,
Guru Mapel Bahasa Arab



Hany Fitriani, A.Ma.Pd.SD.
NIP. 19760922 200701 2 020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi