RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan
pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu
menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Siswa mampu
menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Siswa mampu
menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Siswa mampu
menjelaskan arti lambang ASEAN.
§ Siswa mampu
menyebutkan nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Siswa mampu
menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
§ Siswa mampu
menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang
ekonomi.
§ Siswa mampu
menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang
ekonomi.
§ Siswa mampu
menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Siswa mampu
menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
§ Membuat kliping
dengan teman kelompoknya masing-masing.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§ Sejarah ASEAN
§ Lambang ASEAN
§ Tujuan pokok
pembentukan dan prinsip utama ASEAN
§ Dasar-dasar verja
sama untuk mencapai tujuan pokok
§ Struktur sekretariat
ASEAN
§ Bidang politik dan
keamanan
§ Bidang ekonomi
§ Bidang sosial budaya
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan
kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
§ Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi
dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Membagikan lembar
ujian yang sudah diperiksa dan dinilai.
F Membahas sekilas
soal-soal ujian pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
kerja sama antarnegara di Asia Tenggara.
F Guru menunjukkan peta
Asia Tenggara dan meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
F Bersama-sama
menyebutkan nama-nama negara ASEAN beserta ibu kotanya.
F Bersama-sama
menyebutkan pemimpin negaranya.
F Guru menjelaskan
sejarah ASEAN.
F Guru menunjukkan
lambang ASEAN dan meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
F Guru menjelaskan arti
lambang ASEAN.
F Membahas struktur
ASEAN.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menggambar peta ASEAN
dan lambangnya.
F Memberikan
contoh-contoh kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik
dan keamanan, bidang ekonomi dan bidang sosial.
F Mendiskusikan dampak
ASEAN bagi negara-negara anggotanya.
F Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang
berhubungan dengan kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru
membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Peta ASEAN.
§ Gambar lambang ASEAN.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber
umum)
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyebutkan pengertian kerja sama
negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat
sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok sekretariat
Nasional ASEAN
§ Menyebutkan langkah-langkah konkret yang
telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN
yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam
mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam
melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Tugas berkelompok
Tugas individu.
|
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
|
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan
kata-kata sendiri
§ Sebutkan pengertian kerja sama
negara-negara ASEAN.
§ Sebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Sebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Jelaskan arti lambang ASEAN
§ Sebutkan nama-nama yang pernah menjabat
sebagai sekjen ASEAN.
§ Sebutkan tugas pokok sekretariat Nasional
ASEAN
§ Sebutkan langkah-langkah konkret yang telah
dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Sebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN
yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat
hubungan sosial satu sama lain.
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam
melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal )
X 10.
v
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar