Senin, 11 Desember 2017

Rpp Al-Qur'an Hadist Kelas 6 Semester I " Hadist Tentang Keutamaan Memberi"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah                 : MI WS KARANGDOWO 01
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester              : VI ( Enam )  / 1  ( Ganjil)
Alokasi Waktu                 : 6 X 35 Menit


A.    STANDAR KOMPETENSI
3.      Memahami hadits tentang keutamaan memberi

B.     Kompetensi Dasar
3.2    Menjelaskan hadits tentang keutamaan memberi secara sederhana

C.    Tujuan Pembelajaran  :
§ Siswa dapat Menjelaskan hadits tentang keutamaan memberi secara sederhana.

& Karakter siswa yang diharapkan  : 
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan,  Berorientasi ke masa depan

D.    MATERI PELAJARAN
§  Hadits tentang keutamaan memberi

E.     METODE PEMBELAJARAN
§  Pemodelan
§  Penugasan

F.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1.
PENDAHULUAN

10 menit

Apersepsi dan Motivasi :
F Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
F Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
F Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang hadits yang akan di pelajari

Teknik pembagian kelompok


3 menit
2 menit
5 menit
2.
KEGIATAN INTI

45 menit

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Studi literatur tentang keutamaan memberi
F Mendengar isi kandungan hadits
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi tentang keutamaan orang yang suka beramal salih
F Secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Buku paket
Lafal hadits tentang keutamaan memberi

3.
PENUTUP

5 menit

Dalam kegiatan Penutup, guru:
F Secara klasikal guru mengulang kembali pelafalan hadits dengan benar
F Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan menghafalkan hadits
Instrumen tugas individu



G.    MEDIA / SUMBER
§  Buku paket

H.    PENILAIAN
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
v  Religius.
v  Jujur.
v  Toleransi.
v  Disiplin.
v  Kerja keras
v  Kreatif
v  Demokratif
v  Rasa Ingin tahu
v  Gemar membaca
v  Peduli lingkungan:
v  Peduli social
v  Tanggung jawab.
§  Menyebutkan contoh perilaku dermawan
§  Menyebutkan hikmah dermawan
§  Menjelaskan akibat bakhil/kikir
Tes tulis


Tes lisan 
Tes subyektif
§  Jelaskan contoh perilaku dermawan!
§  Sebutkan hikmah dermawan!

&  Penilaian proses : mengamati keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung

Nyatakan penilaian dengan angka 1-3 untuk mengukurtiap komponen sikap
positif siswa
1.   tidak positif
2.   biasa saja
3.   positif

NO.
NAMA SISWA
KEAKTIFAN
KESEDIAAN
BER KELOMPOK
SKOR
1.




2.




3.




4.




5.




dst





&  Praktek / penerapan

Nyatakan penilaian dengan angka þ pada kolom yang tersedia untuk mengukur ketepatan menulis kata dalam huruf hijaiyah lepas

J         sebagian besar salah
JJ     lebih dari separo benar
JJJ  benar semua



LEMBAR PENGAMATAN
TERJEMAHKAN HADITS TENTANG KEUTAMAAN MEMBERI

NAMA SISWA:………………………………                                   TANGGAL: …
NO
AYAT
LAFAL AYAT
TERJEMAHNYA
SKOR
JJJ
JJ
J
1





2





3





4





5.






SKOR = jumlah perolehan skor    x 100
               Jumlah skor total






Mengetahui,
Kepala MI WS KARANGDOWO 01




IMAM SYAMSUDIN

  Karangdowo,
  Guru Mapel Al-Qur’an Hadits





 LAILA SYARIFAH,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi