RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
MIWS Karangdowo 01
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Arab
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/(satu)
|
Materi Pokok
|
:
|
Kitabah tentang
الساعة، الأفعال اليومية dengan menggunakan 20
mufradat baru
|
Pertemuan
|
:
|
7 dan 8 (4 x
35)
|
Metode pembelajaran
|
:
|
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan
lain-lain.
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Menulis
Mengungkapkan informasi secara lisan
dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan sehari-hari.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1 Menyusun
kalimat dan membuat karangan sederhana
tentang الساعة، الأفعال اليومية
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
§ Siswa dapat Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang الساعة، الأفعال اليومية
|
Alokasi waktu
|
:
|
2 x 35
|
& Karakter siswa yang diharapkan :
§
Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif,
Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Berorientasi tugas
dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal/Orientasi
F Guru menyapa dan memperkenalkan
diri pada siswa
F Guru bertanya kepada beberapa
siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal Nama Sekolah, dll)
F Guru menjelaskan kompetensi yang
diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan الساعة، الأفعال اليومية
b. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa menulis hiwar/teks lisan
tentang الساعة، الأفعال اليومية
yang disampaikan guru melalui kaset, VCD/DVD,
atau suara guru langsung.
F Siswa mendemonstrasikan الساعة، الأفعال اليومية sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru.
F
Siswa
mengidentifikasi makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang
diperdengarkan oleh guru.
F
Siswa menjelaskan
makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Memperhatikan cara, meniru penulisan kata, kalimat sesuai dengan contoh
(khot)
F Bermain lacak kata, menyusun sehingga menjadi kalimat sempurna
F Tes/ latihan melengkapi kalimat yang belum sempurna
F
Berlomba menyusun kalimat secara kelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
F
Siswa menjawab
pertanayaan guru tentang :
F
Makna kata,
frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
F
Ragam فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به dan
maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
F
Kandungan materi dan
gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
F
Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks
lisan yang disimaknya.
Alat/Bahan/Sumber
:
·
Buku paket, perangkat pembelajaran طا رق , linguaphone, kamus,
majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.
Penilaian :
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
v
Religius.
v
Jujur.
v
Toleransi.
v
Disiplin.
v
Kerja keras
v
Kreatif
v
Demokratif
v
Rasa Ingin
tahu
v
Gemar membaca
v
Peduli
lingkungan:
v
Peduli social
v
Tanggung
jawab.
|
·
Menyalin kata, kalimat sesuai dengan contoh
(khot)
·
Menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna
·
Melengkapi kalimat yang belum sempurna
·
Menyusun kalimat menjadi paragrap
|
Lisan
Lisan
|
Uraian
Uraian
|
أذهب إلى
المسجد كل يوم
المسجد –
الساعة – في – الثالثة – إلى – عمر – يذهب
أرجع من
المدرسة ... الواحدة
أقوم من النوم
صباحا
اسمي
فريدة ثم استحم في الساعة
|
Mengetahui
Kepala MIWS Karangdowo 01
Imam Syamsudin
|
|
Karangdowo,
Guru Mapel Bahasa Arab
Hany Fitriani,A.Ma.Pd.SD.
NIP. 19760922 200701 2 020
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar