RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
1 – 5 (5 minggu)
I. Standar Kompetensi
2. Memahami
gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan
negara tetangga
III.
Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Menjelaskan tentang benua-benua.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Pokok
§ Gejala (peristiwa)
alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
· Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing,
untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi
dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Pengamatan Peta Asia
Tenggara
F melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Tanya jawab tentang
Peta Asia Tenggara
F Menunjukkan
negara-negara Asia Tenggara
F Mendisusikan
negara-negara Asia Tenggara
F Menggambar peta
negara-negara Asia Tenggara
F Mendiskusikan tentang
ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Menunjukkan ciri-ciri
gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
F Menyebutkan ciri-ciri
gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Tanya jawab ciri-ciri
gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Kesimpuan guru dan
siswa
F Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar peta Indonesia
§ Gambar Peta Asia
Tenggara
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara
tetangga Indonesia
§ Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara lain
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
§ Jelaskan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
§ Bandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara lain
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar