Senin, 11 Desember 2017

Rpp Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6 Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / II
Alokasi Waktu             :   18 x 35 menit
                                          Pert. 1 – 5 (5 minggu)

I.       Standar Kompetensi
2.  Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.

II.    Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menjelaskan tentang benua-benua.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Pokok
§  Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
·       Kegiatan awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Pengamatan Peta Asia Tenggara
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
F Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
F Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
F Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
F Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Menunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
F Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
F Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Kesimpuan guru dan siswa
F Evaluasi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Gambar peta Indonesia
§  Gambar Peta Asia Tenggara

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
§  Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
Tertulis
jawab singkat
§  Jelaskan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
§  Bandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi