Senin, 11 Desember 2017

Rpp Akidah Akhlaq Kelas 6 Semester II " Kalimat Thayyibah 2"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                 : MIS MENJANGAN
Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                : VI / 2
Alokasi Waktu                 : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)


A.    Standar Kompetensi
5.      Mengenal kalimat thayyibah (Istighfar), dan Al-Asma al-Husna (Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim)

B.     Komepetensi Dasar
5.2    Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam Al-Asma al-Husna (Al Ghoffuur, Al Afuwwu, Ash       Shobuur dan Al Halim).

C.    Tujuan Pembelajaran * :
§  Siswa dapat menulis Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim dengan tulisan yang indah
§  Siswa dapat mengartikan dan menghafal Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§  Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§  Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku beriman bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim dengan cara mempraktekkannya dalam kehidupan seharai-hari

& Karakter siswa yang diharapkan  : 
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan,  Berorientasi ke masa depan

D.    Materi Pembelajaran
§  Pengertian Al-Asma Al-Husna
§  Hikmah Al-Asma Al-Husna

E.     Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah yang siswa ketahui
§  Diskusi

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu

1

Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah

Motivasi :
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah

10  menit

2

Kegiatan inti :
§  Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah (fase eksplorasi)
§  Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah (fase eksplorasi)
§  Siswa diminta berdiskusi :  menyebutkan Kalimat Thayyibah (fase elaborasi)
§  Siswa memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§  Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)

60 Menit

3

Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah
§  Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan


10 menit

G.    Sumber belajar dan media pembelajaran :
  1. Buku paket
  2. Teks Al-Asma Al-Husna
  3. Kaset/vcd tentang Al-Asma Al-Husna

H.    Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen

v  Religius.
v  Jujur.
v  Toleransi.
v  Disiplin.
v  Kerja keras
v  Kreatif
v  Demokratif
v  Rasa Ingin tahu
v  Gemar membaca
v  Peduli lingkungan:
v  Peduli social
v  Tanggung jawab.

§  Menghafal Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§  Menunjukkan arti Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§  Menunjukkan contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§  Menunjukkan contoh perilaku beriman bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim

Tes tulis

Tes lisan

Non tes


Isian

Uraian

Performance

§  Apa arti Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim?

§  Sebutkan contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim!

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGHAFAL AL-ASMA AL-HUSNA AL GHOFFUUR, ASH SHOBUUR DAN AL HALIM

Tanggal : …………………
No
Nama siswa
ASPEK YANG DIAMATI
Skor
Nilai
Benar
Urut
Partisipasi
Semangat
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13
















Keterangan:
Aspek dan Kriteria Penilaian Proses

A.    BENAR
Skor 3   :   Hafal semua
Skor 2   :   Sebagian besar Hafal
Skor 1   :   Sebagian kecil Hafal

B.    URUT
Skor 2   :  Semua urut
Skor 1   :  Tidak urut


C.  PARTISIPASI
Skor 3   :   Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2   :   Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1   :   Ikut mengerjakan bila diminta teman

D.  SEMANGAT
Skor 3   :   Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman.
Skor 2   :   Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang memotivasi teman
Skor 1   :   Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman




Mengetahui
Kepala MIS MENJANGAN





CIPTO LEKSONO, S.Pd I
                             

Menjangan,
Guru Mapel Aqidah Akhlaq





MOFIT BANI ADAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi