RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : MIS MENJANGAN
Mata
Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : VI / 2
Alokasi
Waktu : 2x40 menit (1 Kali
pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
5. Mengenal kalimat thayyibah (Istighfar), dan
Al-Asma al-Husna (Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim)
B. Komepetensi
Dasar
5.2
Mengenal Allah melalui sifat-sifat
Allah yang terkandung dalam Al-Asma al-Husna (Al Ghoffuur, Al Afuwwu, Ash Shobuur dan Al Halim).
C. Tujuan
Pembelajaran * :
§ Siswa dapat menulis Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash
Shobuur dan Al Halim dengan tulisan yang indah
§ Siswa dapat mengartikan dan menghafal Al-Asma Al-Husna Al
Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§ Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh atau bukti bahwa
Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§ Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku beriman bahwa
Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim dengan cara
mempraktekkannya dalam kehidupan seharai-hari
& Karakter siswa yang diharapkan :
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab
& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri,
Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
D. Materi
Pembelajaran
§ Pengertian Al-Asma Al-Husna
§ Hikmah Al-Asma Al-Husna
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Tanya jawab tentang Kalimat Thayyibah yang siswa ketahui
§ Diskusi
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi
:
Memberikan pertanyaan seputar kalimat thayyibah
Motivasi
:
Memberikan informasi tentang kalimat thayyibah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti :
§
Siswa
membaca literatur tentang Kalimat
Thayyibah (fase eksplorasi)
§
Bertanya
jawab tentang Kalimat Thayyibah (fase
eksplorasi)
§
Siswa
diminta berdiskusi : menyebutkan Kalimat Thayyibah (fase elaborasi)
§
Siswa
memaparkan hasil diskusinya (faseelaborasi)
§
Siswa dan
guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan
akhir :
§
Tanya
jawab tentang Kalimat Thayyibah
§
Guru
memberikan tugas untuk menghafal salah satu surat pendek sebagai pengamalan
|
10 menit
|
G. Sumber
belajar dan media pembelajaran :
- Buku paket
- Teks Al-Asma Al-Husna
- Kaset/vcd tentang Al-Asma Al-Husna
H. Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
v Religius.
v Jujur.
v Toleransi.
v Disiplin.
v Kerja keras
v Kreatif
v Demokratif
v Rasa Ingin tahu
v Gemar membaca
v Peduli lingkungan:
v Peduli social
v Tanggung jawab.
|
§
Menghafal
Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§
Menunjukkan
arti Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§
Menunjukkan
contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim
§
Menunjukkan
contoh perilaku beriman bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al
Halim
|
Tes
tulis
Tes
lisan
Non
tes
|
Isian
Uraian
Performance
|
§
Apa arti
Al-Asma Al-Husna Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim?
§
Sebutkan
contoh atau bukti bahwa Allah bersifat Al Ghoffuur, Ash Shobuur dan Al Halim!
|
LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENGHAFAL
AL-ASMA AL-HUSNA AL GHOFFUUR, ASH SHOBUUR DAN AL HALIM
Tanggal : …………………
No
|
Nama siswa
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Benar
|
Urut
|
Partisipasi
|
Semangat
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek dan
Kriteria Penilaian Proses
|
|
A. BENAR
Skor 3 : Hafal
semua
Skor 2 :
Sebagian besar Hafal
Skor 1 :
Sebagian kecil Hafal
B. URUT
Skor 2 :
Semua urut
Skor 1 :
Tidak urut
|
C. PARTISIPASI
Skor 3 :
Ikut mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 :
Ikut mengerjakan tetapi tidak pernah memotivasi teman
Skor 1 :
Ikut mengerjakan bila diminta teman
D.
SEMANGAT
Skor 3 :
Jika antusias tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering
memotivasi teman.
Skor 2 :
Jika antusias cukup tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan
terkadang memotivasi teman
Skor 1 :
Jika mengerjakan tugas kelompok bila ditegur teman
|
Mengetahui
Kepala MIS
MENJANGAN
CIPTO LEKSONO, S.Pd I
|
|
Menjangan,
Guru
Mapel Aqidah Akhlaq
MOFIT BANI ADAM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar