RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI. Walisongo Karangdowo 01
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas
Semester :
VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK
C.
Tujuan Pembelajaran**
Peserta
didik dapat :
§ Melakukan
pekerjaan hitung campuran
§ Mencari
Faktor Prima Suatu Bilangan
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§ Sifat-Sifat
Operasi Hitung
§ Pengerjaan
Hitung Campuran
§ Faktorisasi
Prima untuk menentukan FPB dan KPK
E.
Metode Pembelajaran
games, diskusi
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan
Awal
-
Melakukan permainan berhitung
bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melakukan permainan (games) mengenai bilangan
bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan
positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan
bulat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan percobaan dan observasi dengan
menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat
menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses
dan hasil belajar.
F
Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 2
§ Kegiatan
Awal
-
Motivasi dan apersepsi
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memberikan contoh besaran sehari-hari yang
menggunakan bilangan positif dan negatif.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah
dikemukakan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses
dan hasil belajar.
F
Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 3
§ Kegiatan
Awal
-
Memberikan motivasi.
-
Melakukan tanya jawab dan
diskusi tentang materi sebelumnya.
§ Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi
campuran, FPB, dan KPK
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan
fasilitas soal-soal
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan
keterampilan siswa.
F
Merefleksi proses dan hasil belajar.
G.
Alat/Sumber Belajar
§ Buku
Pelajaran Matematika “ GEMAR BERHITUNG “ untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Buku
“ Detik – detik UAS BN”
§ Buku
LKS Multi Bidang untuk SD Kelas 6
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Melakukan
pekerjaan hitung campuran
o Mencari
Faktor Prima Suatu Bilangan
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
o Coba kalian
simpulkan definisi bilangan bulat!
o Tuliskan 3
contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat!
o Tuliskan kegiatan kalian
selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
o Carikanlah
Faktor Prima Suatu Bilangan
o 4.655 +
3.561 = ....
o 454 x 235 =
...
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
IMAM SYAMSUDDIN HANY
FITRIANI,A.Ma.Pd.SD.
NIP : NIP
:197609222007012020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar