Senin, 11 Desember 2017

Rpp Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Kelas 6 Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           : ...........................
Mata Pelajaran          : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester         : 6 (enam) / 2 (dua)
Alokasi Waktu           : 8 X 35 menit  ( 4 X Pertemuan )


I.      Standar Kompetensi  : 
5.  Menggunakan rumus dan fungsi pada program pengolah angka

II.    Kompetensi Dasar           : 
5.1  Mengenal  rumus fungsi =IF tunggal dan majemuk

III.   Tujuan Pembelajaran**  :

Siswa mendemonstrasikan penggunaan fungsi =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh soal serta mengetahui perbedaan kedua fungsi tersebut.


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

IV.  Materi Ajar (Materi Pokok)  : 
Fungsi =IF
 

V.          Metode Pembelajaran

tanya jawab, demonstrasi, praktek


VI.       Langkah-Langkah Pembelajaran :

Pertemuan ke 1
§   Kegiatan Awal
                        Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§    Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak materi dan mencatat hal-hal penting yang dijelaskan.
F Siswa menyebutkan rumus umum fungsi =IF tunggal dan =IF majemuk
F Siswa menyebutkan perbedaan fungsi =IF tunggal dan majemuk
F Latihan menulis  rumus fungsi =IF majemuk dalam beberapa contoh soal
F Siswa menuliskan PR tentang penulisan fungsi =IF tunggal dan majemuk
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Memberikan Pretest secara lisan
F Merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan mengucapkan salam 

Pertemuan ke 2
§    Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membahas pekerjaan rumah tentang penulisan fungsi =IF tunggal dan majemuk
F Latihan menuliskan rumus fungsi gabungan =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh kasus soal.
F Pretest menyelesaikan penulisan rumus gabungan =IF tunggal dan majemuk
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan mengucapkan salam 

Pertemuan ke 3
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Demonstrasi praktek penyelesaian fungsi =IF tunggal dan majemuk
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mempraktekan Latihan soal fungsi  =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh kasus soal.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Merapikan kursi dan perangkat komputer
F Berdo’a dan mengucapkan salam 

Pertemuan ke 4
§  Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Demonstrasi praktek penyelesaian fungsi gabungan  =IF tunggal dan majemuk
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mempraktekan Latihan soal fungsi  gabungan =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh kasus soal.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


§  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
Merapikan kursi dan perangkat komputer
Berdo’a dan mengucapkan salam 

VII.    Alat/Bahan/Sumber Belajar : 

Setiabudi, Microsoft Excel Level 2,  : Pusat Komputer Assalaam, 2010.

 

VIII. Penilaian

     Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
:   Membedakan fungsi    =IF tunggal dan majemuk.
:   Menuliskan bentuk    rumus fungsi =IF majemuk disertai contoh soalnya.
:   Menyelesaikan latihan soal fungsi gabungan =IF tunggal dan =IF majemuk dalam beberapa contoh soal.
:   Mendemonstrasikan penyelesaian soal praktek rumus fungsi =IF tungal dan =IF majemuk.
:   Menyelesaikan latihan soal praktek mengguna-kan fungsi i=IF tunggal dan =IF majemuk.
Lisan / Tulisan
Isian Uraian singkat

:   Diketahui : L4  =  Berat badan  M4 = Tiket

      Ketentuan :

Jika berat badan >=50 Kg, maka Tiket 20000

Jika berat badan <50 Kg, maka tiket 15000


:   Diketahui : P4 = Tujuan  Q4 = Harga tiket

      Ketentuan :

Jika tujuan “Jakarta” , maka harga tiket 200000

Jika tujuan Bogor”, maka harga tiket 150000

Jika tujuan “Purwakarta” , maka harga tiket 130000


:   Diketahui : M6 = Jam Rental  N6  = Biaya

      Ketentuan :

Jika jam rental >= 4 jam maka biayanya 3000/jam

Jika jam rental < 4 maka biayanya 3500/jam

 

:   Diketahui : C3  = Jumlah beli  D3  = Total bayar
            G3  = Discount

      Ketentuan :

Jika jumlah beli >= 150, discountnya 5% dari total bayar

Jika jumlah beli >= 100, discounnya 3 % dari total bayar

Jika jumlah beli < 100, tidak ada discount.

 

:   Diketahui : F4 =  Jenis kelamin G4 = Keterangan      Ketentuan :Jika Jenis kelamin “L”, maka keterangannya Laki – lakiJika Jenis kelamin “P”, maka keterangannya Perempuan

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                               ............, ......................20 ...
          Mengetahui                                                                             
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel TIK.


          ..................................                                                    ..................................
 NIP :                                                                             NIP :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi