Senin, 11 Desember 2017

Rpp Bahasa Arab Kelas 6 Semester II "Tema 3"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah
:
MIWS Karangdowo 01
Mata Pelajaran
:
Bahasa Arab
Kelas/Semester
:
VI/(dua) 2
Materi Pokok
:
Qira’ah tentang
الواجب المنزلي، الرحلة dengan menggunakan 20 mufradat baru
Pertemuan   
:
5 dan 6 (2 x 35)
Metode pembelajaran
:
Ikhtiyarat/eclectic (sam'iyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan, dan lain-lain.
Standar Kompetensi
:
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang  kegiatan yang telah dilakukan
Kompetensi dasar    
:
7.1       Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
       الواجب المنزلي، الرحلة
7.2      Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
       الواجب المنزلي، الرحلة
Tujuan Pembelajaran
:
§  Siswa dapat Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
       الواجب المنزلي، الرحلة
§  Siswa dapat Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
       الواجب المنزلي، الرحلة

Alokasi waktu
:
 2 x 35

& Karakter siswa yang diharapkan  : 
§ Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§ Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan,  Berorientasi ke masa depan



Langkah-langkah Pembelajaran     :
a.  Kegiatan Awal/Orientasi
F Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa
F Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama, alamat, asal Nama Sekolah, dll)
F Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berkenaan dengan                                       الواجب المنزلي، الرحلة

b.  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa menyimak QIRO’AH seperti:
ذلك عبد الله
هو يستيظ من النوم في الساعة الرابعة صباحا
يذهب إلى المسجد يصلي الصبح جماعة
ويذكر الدروس بعد الصلاة في الساعة التاسعة هو يدرس في المدر
F Siswa Membaca teks bacaan dalam hati, menentukan kosakata baru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Drill pelafalan kosakata baru,  kosakata bantu dan ungkapan
F Membuka kamus, menerjemahkan teks bacaan dalam Bahasa Indonesia
F Bermain tebak kata/aksara bermakna
F Bermain tebak kata/aksara bermakna
F Mengungkapkan isi materi dalam bentuk tulisan
F Mengungkapkan kembali isi bacaan secara tertulis
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.  Kegiatan Akhir
F Siswa menjawab pertanayaan guru tentang :
F Makna kata, frase, kalimat, dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
F Ragam فعل ماض + فاعل + مفعول به dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya.
F Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya.
F Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya.

Alat/Bahan/Sumber :
·         Buku paket, perangkat pembelajaran  طا رق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, Koran, kaset, VCD/DVD, alat peraga, dsb.

Penilaian :
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
v  Religius.
v  Jujur.
v  Toleransi.
v  Disiplin.
v  Kerja keras
v  Kreatif
v  Demokratif
v  Rasa Ingin tahu
v  Gemar membaca
v  Peduli lingkungan:
v  Peduli social
v  Tanggung jawab.

·         Mengucapkan kata, kalimat sesuai tanda baca dengan fashih
·         Menerjemahkan kata, kalimat-kalimat ke dalam Bahasa Indonesia
·         Menentukan kosakata baru dengan menggaris bawahi teks bacaan
·         Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan
·         Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan
·         Menentukan informasi secara global tentang bentuk teks/ isi teks

Lisan


Lisan


Lisan


Lisan

Lisan

Lisan


Uraian


Uraian


Uraian


Dialog

Dialog


Uraian

عملت الواجب المَنْزِلِيّ
بعد العشاء دخلت إلى غرفة المذاكرة جلست وقرأت الكتاب ثم كتبت الدرس على الكراسة
ونظرت التلفاز قبل النوم
+ متى عملت؟



                                   

Mengetahui
Kepala MIWS Karangdowo 01



Imam Syamsudin


Karangdowo,
Guru Mapel Bahasa Arab



Hany Fitriani,A.Ma.Pd.SD.
NIP. 19760922 200701 2 020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

power point Hadist Tarbawi