1.
KOMPETENSI
INTI
1.
Kompetensi
Inti ( KI 1 )
Meyakini bahwa
khalifah merupakan pengganti Rasulullah saw dalam menyebarkan ajaran agama Islam.
2.
Kompetensi
Inti ( KI 2 )
Menunjukkan sikap
yang terpuji terhadap sesama manusia.
3.
Kompetensi
Inti ( KI 3 )
Mengerti
tentang pengertian khalifah, kekhalifahan Utsman bin Affan, serta nilai-nilai
positif yang dapat kita ambil.
4.
Kompetensi
Inti ( KI 4 )
Dapat
mengamalkan perilaku yang baik dari kekhalifahan Utsman bin Affan.
2.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.2 Mengetahui tentang kekhalifahan Utsman bin
Affan
|
3.2.1
Menjelaskan pengertian khalifah
3.2.2
Menjelaskan kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah islam
3.2.3 Menyebutkan nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Utsman bin Affan.
|
3.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi,
dan mengkomunikasi peserta didik mampu :
-
Melalui
ceramah, peserta didik mampu/dapat mengetahui tentang kekhalifahan serta
kepribadian khalifah Utsman bin Affan
-
Melalui
proses Tanya jawab dan ceramah peserta didik dapat menyebutkan nilai-nilai
positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan.
4.
MATERI
PEMBELAJARAN
-
Riwayat
hidup Utsman bin Affan
Beliau
dilahirkan di Mekah pada 576 M, yaitu tahun ke-5 setelah kelahiran Nabi
Muhammad saw. Utsman bin Affan dilahirkan setelah serbuan pasukan Abrahah ke
kota Mekah. Dengan demikian, usianya lebih muda lima tahun dari Rasulullah saw.
Beliau termasuk Kabilah Ummah dari suku Quraisy. Ayahnya bernama Affan bin
Abdil Ash bin Umaiyyah bin Abdi Syams.
-
Kepribadian
Khalifah Utsman bin Affan
Semenjak kecil
Utsman bin Affan dikenal sebagai orang yang lembut, berakhlak mulia, rendah
hati, dan dermawan. Ia memang berasal dari keluarga bangsawan karena merupakan
keturunan Umayyah. Meskipun demikian, ia tak pernah menyombongkan diri.
Walaupun kaya raya dan harta berlimpah, tapi ia tidsk kikir. Tidak sedikit
hartanya yang digunakan untuk kepentingan dakwah Islam dan membantu orang-orang
yang kekurangan.
5.
METODE
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
6.
MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
: Film animasi tentang Khalifah Utsman bin Affan dan Buku cerita bergambar
tentang Khalifah Utsman bin Affan
2.
Alat/Bahan
: Spidol, papan tulis, LCD proyektor
3.
Sumber
Pembelajaran :
§ Buku pedoman Guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (Buku Kurikulum
2013, Jakarta: Kementrian Agama, 2016).
§ Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (Buku Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementrian Agama, 2016).
7.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati
Ø Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang khalifah Utsman bin
Affan
Ø Peserta didik membaca tentang khalifah Utsman bin Affan
·
Menanya
Ø Peserta didik memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang
khalifah Utsman bin Affan
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang khalifah Utsman bin Affan
·
Eksplorasi
Ø Masing-masing peserta didik mencatat penjelasan guru di buku tulis tentang
khalifah Utsman bin Affan.
·
Mengasosiasi
Ø Peserta didik melalui ceramah dapat berinteraksi atau saling
bertatap muka dengan guru tentang khalifah Utsman bin Affan
·
Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing peserta didik bergantian memaparkan resume yang telah
dibuat.
Ø Secara bergantian mempresentasika tentang khalifah Utsman bin Affan
8.
PENILAIAN
A.
Aspek
Intelektual
Jenis Penilaian
: Tes Tulis Bentuk Uraian :
1.
Apa
yang dilakukan khalifah Utsman bin Affan dalam perjuangan Islam ?
2.
Tuliskan
jasa-jasa khalifah Utsman bin Affan selama menjadi khalifah !
3.
Jelaskan
mengapa khalifah Utsman bin Affan mendapat
gelar zun nurain !
4.
Apa
kisah teladan dari kisah perjuangan khalifah Utsman bin Affan ?
5.
Perbuatan
apa yang dapat kamu lakukan pada zaman ini, yang mencerminkan nilai-nilai
positif khalifah Utsman bin Affan ?
B.
Aspek
Sikap
Lembar
Pengamatan Sikap
Materi Pokok /
Tema : Khalifah Utsman bin Affan
No
|
Nama
Peserta
Didik
|
Perilaku yang diamati
|
||||||||||||
Dermawan
|
Rendah Hati
|
Tidak kikir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berilah tanda
contreng ( v ) pada kolom yang sesuai keterangan :
4 : Membudaya 2
: Sudah terlihat
3 : Berkembang 1
: Tidak Terlihat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar